menghitung biaya percetakan undangan minimalis

Cara Menghitung Biaya percetakan undangan minimalis Dengan Foto 

tentunya sudah tidak asing lagi untuk menentukan dan cara menghitung biaya percetakan undangan minimalis, apa lagi di zaman era seperti ini bisnis percetakan undangan masih sangatlah renyah, bahkan terus terupdate perkembangannya seperti tidak termakan waktu. bahkan undangan digital pun masih kalah persaingannya baik itu video tayangan slide dan tayangan prewed tetap saja bagi mereka para calon pengantin dan pihak keluarganya yang akan melakukan upacara sakral tentu saja masih membutuhkan undangan.

sebenarnya jenis undangan saat ini yang paling banyak diminati yaitu undangan minimalis, mengingat harga cetak undangan dan proses pengerjaannya termasuk mudah, jika kita mengetahui rumus cara menghitung biaya proses cetak undangan tersebut.

calon pengantin juga biasanya ingin menempatkan foto dalam undangan yang ingin mereka bagikan. jadi percuma dong mereka mahal mahal foto prewedding terus tidak di pasang di cetakan undangan mereka. jadi memasukan foto dalam undangan ada nilai tambahnya dalam mendesain undangan.


untuk para pembisnis cetak undangan khususnya pembisnis cetak undangan pemula, fotografer, dan desainer yang masih kebingungan bagaimana menentukan harga cetak undangan, berikut kami sajikan rumus menghitung cetak undangan minimalis dengan foto


modal utama 

mesin cetak

jika kita ingin melakukan bisnis cetak undangan yang kita butuhkan adalah mesin, tapi disni bukan membahas kita harus membeli mesin percetakan offset dan mesin percetakan digital yang besar-besar dan butuh ratusan juta untuk membelinya. tentu saja kita butuh mesin itu dan tidak harus membelinya. saat ini kita tau bahwa kerjasama dengan percetakan digital yang memiliki mesin offset dan mesin cetak digital hal yang wajib jika ingin membangun bisnis ini terutama bagi pemula. mereka biasanya menyediakan jasa ongkos cetak, laminasi, jasa pemotongan kertas dll yang berhubungan dengan percetakan. nah disini kita kita harus tau berapa biaya ongkos cetak sesuai dengan yang kita butuhkan.


Kertas

cetak undangan minimalis biasanya menggunakan jenis kertas Artpaper seukuran plano. harga dan ukuran plano berbeda beda, biasanya untuk undangan jenis ini kita menggunakan kertas plano 230g, dan 260g yang masing2 selisih tidak lebih dari seribu. kertas artpaper plano ini bisa di dapatkan di toko khusus menjual kertas untuk keperluan percetakan. 

Jasa Potong Kertas

untuk jasa potong biasanya percetakan menawarkan harga dari 8000/kg hingga 10rb/kg 

Plastik Undangan dan kertas tempel nama

sangat mudah di dapat di toko kertas. dan bahkan percetakan pun menyediakan

 

desain undangan

pastinya kita harus mempunyai desain undangannya terlebih dahulu.

pastikan desain undangannya sudah di desain sesuai ukuran yang di butuhkan 


tentukan jumlah cetak undangan 

biasanya jumlah cetak undangan di tentukan oleh calon pengantin dan pastikan rata-rata jumlah cetak minimal 300, 500, 1000 hingga 3000 cetak undangan minimalis


menghitung rumus biaya percetakan

cara menghitungnya sebagai berikut :

sample

customer memesan undangan minimalis dengan foto sebanyak 500 lembar dan desain telah di sediakan dengan ukuran 19 cm x 30 cm lipat jadi dua dengan kertas artpaper 230g


pertama kita lihat ukuran kertas artpaper plano yang di butuhkan 

misal : 

ukuran desin undangan 19 cm x 30 cm

kita jadikan dua lembar 



setelah di jadikan 2 lembar kita hitung totalnya
19 cm x 2 = 38 cm
dan 30cm tetap sebagai ukuran panjang desain
jadi ukurannya yang kita dapat untuk ukuran kertas artpaper plano adalah 

38 cm x 30 cm
untuk 2 undangan lipat jadi 2

kemudian
kita tentukan jumlah kertas plano yang harus kita siapkan
daftar ukuran kertas plano bisa klik disini

disini karna kebutuhan hanya 38 cm x 30 cm
jadi kita butuh ukuran kertas plano 61cm x 92cm yang selembarnya di bagi menjadi 4 dan total undangan dalam 1 plano adalah 8 undangan.


setelah kita dapat ukuran plano kita hitung biaya kertas yang kita butuhkan

misal :
 

500 Lembar : 8 = 62.5 
62,5 kertas plano kita bulatkan menjadi 63 lembar
63 lembar + insheet 20 lembar plano 

jadi 83 plano
83 x 2500/plano = Rp207.500

kita sudah mendapatkan biaya kertas seharga 207.500

kemudian kita hitung biaya ongkos cetak
daftar harga cetak ada pada masing2 percetakan digital
ini hanya contoh misal harga ongkos cetak offset per 1000 lembar adalah 400.000

207.500 + 400.000 = 607.500


setelah itu kita hitung biaya lain2
seperti jasa potong
dan plastik dan kertem nama
transportasi
makan
minum dll

setelah kita dapatkan harga modal
tentukan harga sesuaikan dan harus menghitung jasa kita seperti
mendesain ulang, ongkos, waktu yg di gunakan, karyawan, dan laba kita tergantung ini biasanya dari wilayah masing2 disisi lain kita juga melihat harga pasar.

justru jasanyalah yang seharusnya lebih dihargai di bandingkan modal yang kita keluarkan. maka dari itu pertimbangkanlah harga yang sesuai.


silahkan share dan subscribe jika bermanfaat










 

Comments

Post a Comment